konten2

Kegiatan talk show merupakan salah satu program kerja dari divisi jurnalistik yang mulai diadakan sejak periode 2020-2021. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berkreatifitas khususnya dalam media sosial. Kegiatan talk show ini mengangkat tema “Belajar Ngonten Nyambut Era Society 5.0” ayang diadakan pada tanggal 31 Juli 2022 secara hybrid.

Talk show seputar media sosial disampaikan oleh dua pembicara yang merupakan civitas dari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Pemateri pertama yaitu Bapak Hari Akbar Sugiantoro, M.A yang merupakan salah satu Dosen Ilmu Komunikasi UNISA Yogyakarta. Beliau memiliki peran penting dalam pengoperasian media sosial di UNISA Yogyakart. Pemateri kedua, Hayyul Islam Aaroby yaitu mahasiswa dari Ilmu Komunikasi UNISA Yogyakarta sekaligus konten kreator yang memiliki pengalaman dalam membuat konten di media sosial seperti di Instagram dan Tiktok.

Kegiatan talk show diawali dengan pembukaan acara oleh MC, penyampaian sambutan yang dimulai dari ketua pelaksana, ketua Himatelma, pembimbing Himatelma, dan Ketua Prodi Teknologi Laboratorium Medis. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi sesi pertama  oleh oleh saudara Hayyul Islam Aaroby sebagai konten kreator yang membahas tentang “Menjadi Conten Creator di Era Slibaw”. Adapun dalam penyampaian pemateri pertama memberikan bagaimana cara menjadi seorang Conten Creator sebagai berikut:

  1. Memiliki niat dan kemauan yang kuat
  2. Menentukan platform yang akan digunakan
  3. Berani untuk memulai
  4. Menentukan target pasar
  5. Menentukan konten sesuai dengan fashion
  6. Konten interaktif
  7. Mencari inovasi dan referensi konten
  8. Meningkatkan kemampuan baik itu berbicara didepan umum, cara menggunakan kamera, editing dan lainnya
  9.  Pastikan mengikuti berita terbaru dan ramai dibicarakan di media sosial
  10. Perbanyak relasi dengan conten creator lainnya
  11. Konsisten

Sesi kedua, materi disampaikan oleh Bapak Hari Akbar Sugiantoro. Adapun materi yang disampaikan yaitu mengenai “Strategi Branding”. Strategi Branding adalah proses bagaimana individu menjual karyanya kepada orang lain. Adapun strategi dalam mengenalkan karya kita kepada orang lain diantaranya yang pertama, memperkenalkan siapa dan apa karya/ kemampuan yang dimiliki. Kedua,menentukan apakah kita akan berperan sebagai leader atau sekedar follower. Ketiga, mempelajari tren dan kebutuhan pelanggan. Keempat, eye catching dimana karya atau kemampuan memiliki ciri khas tersendiri.

konten 3