Notice: Undefined variable: auth_id in /var/www/wordpress_analis/wp-content/plugins/current-post/includes/current-post-functions.php on line 598

Kegiatan HIMATELMA

Mubes HIMATELMA UNISA YOGYAKARTA 2020/2021: “Aksi Nyata Aktif Berorganisasi di Tengah Pandemi”

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis (HIMATELMA) UNISA Yogyakarta 2020/2021 telah melaksanakan salah satu acara besar himpunan yaitu Musyawarah Besar (MuBes)yang dilaksanakan secara semi online melalui Zoom meeting dan bertempat di Cafe Ruang Waktu Gamping, Sabtu(20/3) dan Minggu (21/3). Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 51 pengurus himpunan (21 peserta offline dan sisanya online) yang berlangsung selama 2 hari. Mubes ini dilaksanakan untuk mengadakan sidang mengenai pembahasan Tata Tertib sidang Mubes, Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO)serta Garis Besar Haluan (GBHK). Pembahasan ini penting dilakukan sebagai regulasi untuk menentukan kemana arah himpunan akan dituju.

Hal yang menarik dalam sidang Mubes kali ini adalah mengenai metode yang dilaksanakan. Tidak seperti musyawarah besar himpunan pada umumnya, tahun ini organisasi kemahasiswaan khususnya HIMATELMA merombak banyak hal dalam sistematika perjalanan organisasinya.  Hampir semua kegiatan dilaksanakan secara online. Di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, dibutuhkan mental dan daya pikir yang kuat dalam mengubah struktur kegiatan organisasi. Tidak hanya HIMATELMA saja yang merasakan itu, tetapi seluruh organisasi kemahasiswaan di setiap universitas juga pasti mengalaminya.

Mubes hari pertama, Sabtu (20/3) HIMATELMA terlebih dulu mengadakan acara pembukaan yang dihadiri oleh para peserta sidang, pembina HIMATELMA serta para tamu undangan dari BEM FIKES dan Himpunan Mahasiswa Jurusan FIKES UNISA lainnya. Sambutan dilakukan oleh ketua panitia mubes dan pembina HIMATELMA. Selanjutnya dilakukan sidang pembahasan mengenai Tata Tertib sidang Mubes yang kemudian dilanjutkan dengan pembahasan AD/ART. Pembahasan ini berlangsung mulai pukul 11.00-17.30 WIB. Hari berikutnya, Minggu (21/3) pembahasan kembali dilanjutkan dan membahas GBHK serta GBHO himpunan. Pembahasan ini dilakukan mulai pukul 08.30-17.30 WIB kemudian diakhiri dengan acara penutupan.

Bukanlah suatu hal yang mudah untuk melaksanakan program kerja organisasi dalam situasi pandemi seperti sekarang ini. Meskipun banyak menemui kendala, pelaksanaan mubes HIMATELMA 2020/2021 ini tetap dapat terselesaikan dengan baik. Hal ini menandakan bahwa pandemi bukanlah penghalang untuk melakukan aktivitas dan berkembang untuk melakukan hal yang bermanfaat.

MUBES HIMATELMA

 

 

 

Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) IX Imatelki

Rapat Kerja Nasional atau Rakernas merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mempersiapkan, mengkaji serta menerima kritik maupun saran untuk program kerja yang akan dilaksanakan. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh pengurus IMATELKI saja, akan tetapi anggota IMATELKI juga berhak mengikuti kegiatan ini, dimana HIMATELMA Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta termasuk salah satu anggota dari Imatelki. HIMATELMA mendelegasikan 6 orang dari Divisi External untuk menghadiri acara Rakernas tersebut. Delegasi tersebut berasal dari 3 angkatan yang berebda. Pendelegasian mahasiswa dari berbagai angakatan mahasiswa diharapkan dapat mampu menyebarluaskan hal bermanfaat yang didapat kepada Himpunan maupun Mahasiswa Teknologi Laoratorium Medis, Fakultas Kesehatan Universitas Aiysiyah Yogyakarta.

Rapat Kerja Nasional bertempat di daerah Madura-Jawa Timur, bertemakan “Menyettong ateh tor bedhen, kalaben bhesah sareng lalakon kaangguy abhektah IMATELKI se lebbi jhejeh” yang memiliki arti “Mempersatukan jiwa dan raga, dengan bahasa dan budaya dalam membawa Imatelki yang lebih berjaya”.  Sehingga diharapkan IMATELKI dapat menjadi organisasi yang dapat mempersatukan seluruh elemen di dunia Teknologi Laboratorium Medik baik dari kalangan mahasiswa maupun akademisi yang nantinya dapat berguna bagi sesama serta diharapkan Imatelki dapat menampung aspirasi mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik di Indonesia dengan semangat Juang Karya Mahasiswa. Kegiatan tersebut dilakukan secara semi-online, beberapa panitia di kesekertariatan Madura dan peserta delegasi mengikuti kegiatan secara online yang dilaksanankan 2 hari berturut-turut pada hari Sabtu-Minggu. Rakernas ini diikuti oleh seluruh Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medis se-Indonesia yang tergabung atau berkolaborasi dengan IMATELKI dan beberapa jajaran penting seperti Dewan Pembina, Dewan Pengurus Pusat Imatelki periode 2020-2021,  Dewan Pengurus Wilayah Imatelki se-Nusantara 4,  Alumni Dewan Pengurus Pusat Imatelki, Alumni Dewan Pengurus Wilayah Imatelki se-Indonesia. Kegiatan RAKERNAS terbagi menjadi dalam 3 agenda yakni Rapat Kerja, Sharing sesion, dan Wisata Online atau memperkenalkan kebudayaan dan wisata.

“Akan seru sekali jika kegiatan tersebut dilakukan secara Offline karena akan semakin akrab dalam menjalin komunikasi, silaturahmi, dan memperluas relasi serta pengetahuan” ujar para delegasi dari Divisi Eternal HIMATELMA UNISA. Alhamdulillah, Rakernas IX IMATELKI berjalan dan dapat diikuti dengan penuh semangat. Hal ini menandakan bahwa pandemi bukanlah penghalang untuk melakukan aktivitas dan berkembang untuk melakukan hal yang bermanfaat.