Skip to main content
Pengurus HIMATELMA

LDO HIMATELMA 2019

Latihan dasar Organisasi (LDO) di Himpunan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medis ‘Aisyiyah (HIMATELMA) merupakan suatu kegiatan wajib bagi setiap mahasiswa pengurus baru di HIMATELMA. Kegiatan ini adalah salah satu syarat bagi mahasiswa yang akan menjadi anggota dari HIMATELMA. Pada tahun ini merupakan LDO ke-3 yang diselenggarakan oleh HIMATELMA periode 2018/2019. LDO ini diselenggarakan pada Hari Sabtu-Minggu pada tanggal 5-6 januari 2019, bertempat di kampus terpadu Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta kemudian dilanjut ke lokasi outdoor yaitu di Ledok Sambi, Kaliurang.

Pada hari pertama yaitu pembukaan LDO, yang dibuka oleh pembina HIMATELMA yaitu Bapak Arif Yusuf Wicaksana sekaligus memberi sambutan kepada peserta. Acara selanjutnya yaitu Materi Ke 1 tentang Keorganisasian dan Kepemimpinan, yang disampaikan oleh Presiden Mahasiswa periode 2017/2018 yaitu Surahman Syukron Rosyadi. Beberapa kutipan dalam penyampaian materi tersebut sebagai berikut :

“ Tujuan organisasi  terletak  pada nahkoda dan keseriusan  pendukung”

“Tipe Tipe Kepemimpinan :  Otoriter, Demokratik, Kharismatik, Paternalistik (Kebapaan), Militeristik, dan Laizez-Faire”

“Jangan menuntut orang lain untuk Berkarya, melihat kedalam, sejauh mana diri kita untuk mencoba berubah, agar berpengaruh ke khalayak ramai.”

Surahman Syukron Rosyadi
Surahman Syukron Rosyadi, sebagai narasumber

.

Setelah materi pertama, dilanjutkan materi ke-2 yang disampaikan oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta yaitu Bapak Muhammad Rifandi. Dimana materi yang disampaikan yaitu tentang Keorganisasian. Beberapa kutipan dalam penyampaian materi tersebut sebagai berikut :

“ Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.”

“ Kunci Berorganisasi itu : Inisiatif,Kreatif,Inovatif,Continuous Improvement “

 M. Rifandi
M. Rifandi, sebagai narasumber

Setelah materi ke 2 dilanjutkan menuju lokasi outdoor yaitu Ledok sambi Kaliurang. Kemudian Istirahat,Sholat dan Makan. Kemudian dilanjutkan Materi terakhir yaitu tentang HIMATELMA, dimana disampaikan oleh ketua HIMATELMA periode 2018/2019. Dalam materi tersebut disampaikan tentang sejarah terbentuknya HIMATELMA, Kepengurusan dan Progam Kerja HIMATELMA 2018/2019. Pada malamnya dilakukan Pentas seni oleh peserta yang dibagi setiap kelompok. Setelah pentas seni yaitu ishoma, dan dilanjutkan jurit malam. Pada hari kedua, dilakukan senam, Outbond dan explore di sekitar lokasi. Kemudian penutupan dan evaluasi dilaksanakan di jam 13.00 kemudian perjalanan pulang.

Adanya kegiatan LDO diharapkan dapat memberikan bekal terutama mengenai kepemimpinan sehingga dapat  terbentuk mahasiswa-mahasiswa penggerak yang dapat berperan aktif di kampus maupun di luar kampus.

outbond1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *