Hari Minggu tanggal 09 Mei 2021, HIMATELMA Divisi Jurnalistik mengadakan Pelatihan Pengeditan Poster Melalui Corel 2021 yang bertema SEMANGAT BERKARYA DI MASA PANDEMI”. Pembicara Pelatihan ini disampaikan oleh mas Galang Ardianto, S.A.P. (Designer, conten creator AR.DESIGN) yang merupakan Alumni UNISA Yogyakarta prodi Administrasi Publik sekaligus Content Creator Design di JT Digitally, Agency Digital Marketing Service.

Pelatihan  ini diselenggarakan secara online yang bertujuan untuk menambah wawasan serta kreativitas mahasiswa TLM dalam bidang pengeditan poster dengan corel. Para peserta pelatihan ini diikuti kurang lebih 20 peserta.  Pada pelaksanaan pelatihan corel ini terdiri dari 2 sesi, sesi pertama membahas terkait teori mengenai corelDraw dan pada sesi kedua mengenai pelatihan corelDraw atau inti dari acara ini.

Sesi pertama  membahas terkait teori mengenai desain grafis. Desain grafis pada dasarnya merupakan pekerjaan berkomunikasi dimana pesan yang disampaikan adalah visual (komunikasi visual). Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan se efektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar. Desainer grafis membuat dan mengkombinasikan simbol, gambar, dan teks untuk membentuk representasi gagasan dan pesan secara visual.

Dalam pandangan ilmu komunikasi desain grafis adalah metode menyampaikan pesan visual berwujud teks dan gambar dari komunikator kepada komunikan. Desain grafis lebih dikenal dengan “desain komunikasi visual” atau biasa disingkat dengan sebutan DKV. Disebut seperti itu karena peran desain drafis dalam mengkomunikasikan pesan dan informasi kepada audiens dengan cara sentuhan visual yang sangat kental, seperti: warna, ilustrasi, tipografi, garis dan sebagainya.

Pelatihan Corel-Draw

Sesi kedua mengenai pelatihan corel yang mana di praktik langsung oleh pemateri kita. Pemateri menjelaskan bagian-bagian tools yang ada pada corel dan cara menggunakan tools tersebut. Pada pelatihan ini peserta diberikan chalange tentang cara yang baik menggunakan media sosial saat ini . Pemateri juga memberikan contoh proses pembuatan design poster dengan  desain yang simpel. Dan peserta diberikan waktu untuk mengerjakan chalange selama 10 menit. Desain peserta  diberikan apresiasi berupa pemberian doorprize.

Demikian materi dari acara Pelatihan Pengeditan Poster Melalui Corel 2021 SEMANGAT BERKARYA DI MASA PANDEMI”. Jangan lupa update terus website kami dan sampai jumpa pada Pelatihan Pengeditan berikutnya dengan tema yang lebih menarik. Terimakasih.